Cara Menghormati Penyandang Disabilitas

Mempelajari cara yang tepat untuk bertindak dan berbincang di sekitar seseorang dengan disabilitas mungkin tidak sesulit yang Anda kira kompasiana. Seringkali, ada cara berbicara dan bersikap yang mungkin sangat tidak sopan yang kita lakukan kepada penyandang disabilitas, menyebabkan merekamarah and jengkel, atau frustrasi. Belajarlah cara terbaik untuk bertindak dan berbicara demi menghormati penyandang disabilitas.

Bertindak dengan Baik

Salah satu respons pertama dari banyak orang ketika mereka melihat atau bertemu penyandang disabilitas adalah mencoba memberi mereka bantuan. Meskipun ini mungkin terlihat baik, Anda sebenarnya bisa membuat mereka kesal atau mengganggu mereka. Tanyakan apakah mereka membutuhkan Anda untuk melakukan tugas tertentu.

“Apakah kamu ingin aku mendorong kursi rodamu? “

“Apakah kamu butuh bantuan untuk berjalan? “

“Apakah kamu ingin aku menuntunmu? ” (untuk orang buta)

“Haruskah aku memindahkan kursi ini dari jalanmu? “

Hindari mengelus atau bermain dengan anjing penjaga. Sulit untuk lewat begitu saja ketika seekor anjing penjaga yang menggemaskan. Tidak peduli seberapa menggodanya hal itu, Anda tidak boleh mendekati dan bermain dengan anjing penjaga tanpa bertanya pada pemiliknya. Anjing penjaga melakukan pekerjaan penting, Anda bisa mengalihkan perhatiannya jika Anda berlari dan mulai mengelusnya di antara telinganya. Jika Anda melihat seekor anjing penjaga, selalu minta izin dari pemiliknya sebelum berasumsi Anda bisa mengelus mereka. Jika mereka setuju untuk membiarkan Anda mengelus anjing mereka, cobalah untuk tidak mengambil terlalu banyak waktu untuk melakukannya. Jika pemilik menolak permintaan Anda, jangan tersinggung – anjing mereka adalah alat yang penting bagi mereka, yang mungkin mereka butuhkan pada saat itu. Anda juga tidak boleh memberikan hadiah kepada anjing penjaga kecuali pemiliknya menyetujuinya. Untuk alasan yang sama, Anda juga tidakboleh membiarkan anjing peliharaan Anda bermain dengan anjing penjaga jika Anda berjalan melewatinya.

Jangan menggunakan layanan atau fasilitas penyandang disabilitas jika Anda tidak memiliki kekurangan. Memiliki ruang ekstra di kamar mandi mungkin tampak seperti peluang besar untuk dimanfaatkan, tetapi jika Anda tidak menyandang disabilitas, para penyandang disabilitas yang menggunakan layanan ini bisa merasa bahwa Anda sangat tidak sopan dan membuat frustrasi. Orang-orang penyandang disabilitas benar-benar membutuhkan hal-hal ini – mungkin tidak nyaman, untuk menggunakan kompartemen kamar mandi yang lebih kecil tetapi mereka mungkin membutuhkan ruang ekstra untuk kursi roda, atau mereka mungkin memiliki anjing layanan yang mereka perlukan di ruang untuk itu. Apa pun alasannya, fitur dan layanan tersebut dibuat dengan alasan khusus untuk membantu penyandang disabilitas. Dengan menggunakan salah satu layanan tersebut, Anda berpotensi merampas hak orang yang benar-benar layak mendapatkan layanan yang benar-benar mereka butuhkan. Beberapa restoran telah menetapkan pengaturan meja / tempat duduk yang dapat diakses oleh penyandang disabilitas, hindari menggunakan fasilitas tersebut bahkan jika Anda sedang kekurangan meja. Saat parkir di sebelah tempat parkir khusus, berikan sedikit ruang tambahan di sisi itu jika Anda bisa. Mereka mungkin perlu sedikit ruang untuk masuk dan keluar dengan kursi roda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *